-->

begini Tips cara mengatasi power bank tidak bisa mengisi



      Jika berbicara tentang gadget smartphone, jaman sekarang tidak akan bisa lepas yang namanya power bank. Seiring semakin banyaknya pengguna smarphone dan semakin seringnya durasi online menyebabkan baterai hp cepat habis, dan orang tidak mau menunggu lama hanya gara-gara menunggu mengisi baterai hp. Dengan adanya fenomena itu, maka penggunaan power bank sepertinya sudah menjadi barang wajib bagi pengguna smartphone dengan mobilitas yang tinggi dan tidak ada waktu untuk ngecharge hp dirumah.

        Berbagai macam merk dan kapasitas tersedia. Karena penggunaan power bank yang nyaris sehari-hari, maka power bank juga  rawan sekali rusak. Beberapa kerusakan yang sering terjadi adalah power bank mati, tidak bisa di charge, baterai drop. baterai melembung, tidak bisa mengisi hp, dan kerusakan lainnya. Beberapa kerusakan power bank sebenarnya masih bisa diperbaiki jika pembaca mau dan teliti. Nah penulis akan memberi tips tentang cara memperbaiki power bank yang bermasalah yang telah dikutip dari situs blog https://www.baharelectronic.com/, Jadi pembaca yang punya power bank rusak, jangan buang dulu siapa tahu masih bisa diperbaiki. 

     Biasanya ketika Kondisi lampu indikator masih menyala normal pada power bank pasti ada kemungkinan harapan masih bisa dan normal. Jika pembaca menemui problem power bank seperti ini, bisa anda perbaiki sendiri. Berikut cara memperbaikinya.

        Langkah pertama, pembaca buka dulu casing power bank. penulis tidak akan menjelaskan tentang cara membongkarnya bagaimana? Yang terpenting baterai dan pcb komponen dapat keluar dan terlihat. Karena setiap power bank cara membukanya juga beda-beda. Khusus Untuk power bank xiaomi, karena casingnya terbuat cari almunium, cara membukanya adalah dengan cara mendorong ke salah satu sisi hingga bergeser dan terlihat baterai dan pcb komponennya. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini :



       Pada gambar terlihat posisi pcb komponen dan baterai sudah tergeser, kalau sudah seperti itu tinggal kita cek satu persatu problem kerusakannya ada dimana? Jika power bank tidak bisa ngecas atau mengisi baterai hp, biasanya problem ada di konektor usb yang bermasalah. Bermasalah disini biasanya konsisi solderan konektor usb lepas atau kendor. Dimana posisi usb konektor dan bagian mana yang perlu di solder ulang? Silahkan lihat gambar berikutnya.



       Pada gambar terlihat pcb komponen. Ada area yang penulis telah beri petunjuk dan lingkari merah. Di area itulah anda perlu solder ulang. Hati-hati konslet antar pin konektor usb pada saat penyolderan. Lebih baik sebelum pembaca solder ulang konektor usb, jalur baterai ke pcb komponen usahakan pembaca lepas dulu, untuk menghindari terjadinya konsleting yang berakibat kerusakan komponen. Jika sudah disolder ulang anda cek kembali pin kaki konektor apakah sudah bersih dari timah solder? Jika sudah yakin sudah bersih, sambung kembali kabel baterai ke pcb komponen dan siap dicoba. Silahkan tes dalam kondisi terbuka terlebih dahulu untuk memastikan rangkaian sudah bekerja.




       Pada gambar terlihat proses pengecasan sudah masuk. Jika rangkaian sudah bekerja, casing power bank bisa ditutup kembali. 



        Pada gambar terlihat proses charge hp dalam kondisi handphone off dan terlihat charge sudah masuk. Perlu dipahami bahwa cara ini hanya salah satu cara memperbaiki power bank tidak bisa charge hp dan mungkin belum tentu problem sama dengan power bank pembaca. Baik dari segi kerusakan dan cara memperbaikinya. Cara diatas adalah kondisi kerusakan power bank yang sering terjadi dan penyebab kerusakannya karena konektor usbnya. Semoga bermanfaat



3 Responses to "begini Tips cara mengatasi power bank tidak bisa mengisi"

  1. wah thanks gan infonya :D
    pb saya juga punya masalah kaya gitu

    By : blog-asikhd.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Makasih gan infonya...

    riskysaar.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2