-->

Jangan Panik !!!, Ini Cara mengatasi buat SIM card tidak terdeteksi di Android



      Sebelum mengulas tentang cara memperbaiki SIM card yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi  di smartphone Android, penulis ingin bertanya Pernahkah Pembaca mengalami kartu SIM alias SIM card yang kamu gunakan tiba-tiba error dan tidak terdeteksi? Pastinya rasanya antara bingung, panik, dan jengkel banget, apalagi saat keadaan darurat. Sama seperti kejadian teman penulis tadi siang tentang problem di smartphone androidnya.Nah, sebelumnya penulis akan menjelaskan juga tentang beberapa penyebab yang membuat SIM card tidak terbaca atau tidak terdeteksi di smartphone Android.
 

   Untuk itu simak baik-baik mengenai penyebab, sekaligus cara mengatasi SIM card tidak terbaca dan error di HP Android.

Usia Pakai SIM Card Sudah Terlalu Lama 

      

   

   Setiap barang tentu memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga SIM card yang memiliki masa pakai beragam. Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan.

Kuningan SIM Card Sudah Rusak
 

   

   Kuningan adalah komponen terpenting dalam SIM card karena berisikan data-data pengguna. Lembaran kuningan ini selain rusak termakan waktu, bisa jadi rusak karena sering kamu pindahkan sehingga akan lebih banyak mengalami gesekan.

SIM Card Overheat
  

    Isu panas yang berlebih terkadang kamu temui di beberapa smartphone Android. Posisi kartu SIM umumnya terletak dekat komponen rawan panas menyebabkan benda ini menjadi overheat dan merusak kuningan beserta data di dalamnya yaa.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Android

   Nah sekarang Pembaca sudah mengetahui apa saja penyebab SIM card rusak kan? Lalu kali ini Penulis akan mengulas mengenai cara mengatasi Kartu SIM yang tidak terbaca atau terdeteksi di smartphone Android yang sering ditemui. Ayo kita bersama - sama simak ulasan selengkapnya


Bersihkan SIM Card  


   Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan SIM card. Buka dan lepaskan kartu SIM yang tidak terbaca dari slot smartphone Android yang tersedia serta bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM.





    Selanjutnya kamu bisa mengaktifkan kembali smartphone Android dan tunggu hingga SIM card menanggapi serta terhubung ke jaringan komunikasi yaa

Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

  

    Jika langkah pertama belum berhasil, kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan SIM card lainnya pada smartphone kamu. Lakukan hal yang sama pada SIM card milikmu pada smartphone lainnya untuk mendeteksi kerusakan. Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka salah satu dugaan adalah SIM card milikmmu rusak. Namun jika SIM berfungsi di smartphone Android lain, bisa saja komponen yang ada di dalam mengalami malfungsi.

   
Atur Ulang Jaringan
 
  

     Selain itu bisa saja masalah datang dari operator selular yang memang sedang error sehingga SIM card yang kamu gunakan tidak bisa berfungsi dengan baik.Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengatur ulang jaringan di smartphone Android kamu Jika tidak bisa di-setting secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.




  

     Di sini kamu tinggal mengatur secara manual APN yang digunakan sesuai dengan jaringan dan operator selular yang kamu gunakan.

 
Factory Reset Android


     Jika ketiga cara sebelumnya dirasa memang belum berhasil, kamu bisa melakukan factory reset Android yang berfungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula, sama seperti pengaturan pabrik alias seperti baru



  

   Namun dengan melakukan cara seperti ini kamu setidaknya harus waspada. Karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan terhapus. Sehingga jangan lupa untuk melakukan proses back up terhadap data-data penting  yaa.

Konsultasi ke Customer Service

    

    Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi dan menghubungi customer service terdekat untuk mengatasi masalah SIM card yang tidak terbaca di smartphone Android ini. Dengan begini kamu bisa berkonsultasi dan mengetahui masalah yang terjadi. Nah jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, umumnya customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM. Untuk mendapatkannya, kamu akan melalui beberapa tahap sebelum mendapatkan SIM card baru dengan nomor yang sesuai dengan yang lama.

     Nah itulah ulasan Penulis mengenai penyebab dan cara mengatasi SIM card tidak terbaca dan error di smartphone Android. Semoga bisa bermanfaat yaa.





5 Responses to "Jangan Panik !!!, Ini Cara mengatasi buat SIM card tidak terdeteksi di Android"

  1. Kalau saya biasanya atur ulang jaringan..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Handphone saya kemarin habus jatuh kak. Terus kartu SIM nya tidak terbaca malahan tidak respon dengan handphone nya. Bisa dibantu ga kak makasih. Oh ya jangan lupa mampir ke website saya di http://www.atmaluhur.ac.id Saya Andi lau NIM 1722500181.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2