-->

3 Tips Mengatasi Memori/MicroSD Rusak

3 Tips Mengatasi Memori/MicroSD Rusak

Kapasitas kenangan internal smartphone yang terbatas membutuhkan sokongan dari penyimpanan eksternal. Sampai ketika ini, eksistensi microSD sebagai penyimpanan eksternal belum pun tergantikan meskipun jenis kartu kenangan baru mulai muncul. Kapasitas tertinggi dari microSD sendiri sudah menjangkau 2 TB.

Sebagai perlengkapan keras tambahan, microSD tak lepas dari pelbagai masalah. Salah satu yang sangat sering terjadi ialah tidak terbaca atau terdapat file yang korup. Jika kalian merasakan masalah serupa, tidak boleh panik! Beberapa tips sebagai berikut dapat anda lakukan guna mengamankan microSD dari kerusakan.



Bersihkan lempengan tembaga

Tips kesatu yang mesti dilakukan ialah membersihkan unsur luarnya. Keluarkan microSD dari slot smartphone. Pastikan anda telah mematikan smartphone terlebih dahulu. Setelah sukses dikeluarkan, anda dapat mencuci lempengan tembaga pada microSD dengan penghapus pensil, cotton bud atau kain microfiber.

Usap unsur ini dengan paling hati-hati. Jangan sampai memunculkan goresan pada lempengan tembaganya. Jika dirasa telah bersih, masukan pulang micro-SD dan cek apakah micro-SD sudah dapat terbaca atau belum.



Format ulang dari smartphone

Tips berikutnya yang dapat anda pilih ialah dengan mengerjakan penghapusan data secara total alias bentuk ulang. Cara ini dapat anda realisasikan lewat smartphone. Untuk pemakai Android, silakan masuk ke menu Settings, lantas pilih menu storage. Pada menu storage tersebut, pilihlah pilihan Erase SD Card. Dengan demikian microSD bakal kembali ke penataan pabrik tanpa terdapat file yang tersisa.

Cek dari PC

Kasus rusaknya microSD sangatlah beragam. Ada kalanya anda dihadapkan pada situasi dimana microSD tidak terbaca pada smartphone, tetapi dapat terbaca di PC. Dengan demikian, terdapat dua pilihan yang dapat anda lakukan, yaitu mengecek kehancuran microSD atau mengerjakan proses bentuk data.

Sambungkan smartphone dengan kabel data ke PC. Pastikan smartphone berada pada mode MSC (Mass Storage Mode). Jika sudah, anda dapat mengerjakan proses pemeriksaan  microSD melewati Windows Explorer.

Caranya klik kanan drive kartu memori, lantas pilih properties -> tools-> error checking. Proses pemeriksaan  akan berlangsung. Bila telah selesai, eject kartu memori lantas masukkan pulang microSD ke slot kenangan smartphone. Apakah microSD telah kembali normal?

Jika belum, inginkan tak mau anda harus mengerjakan proses bentuk data. Bila ada sejumlah file yang masih terbaca segera kerjakan backup terlebih dahulu dengan teknik menyalin file-file itu ke folder eksklusif pada PC. Kalau telah aman, baru kerjakan proses bentuk data.

1 Response to "3 Tips Mengatasi Memori/MicroSD Rusak"

  1. Ditunggu kunjungan baliknya gan di

    www.glaakurapudji.blogspot.com

    Atau ketik aja pudji's info di google nya agan.
    tapi mohon matikan add-block nya ya

    Terima kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2