-->

( cocok buat nostalgia anak 90'an ) Review Slowly Apk : menanti surat dari sahabat pena


Slowly : Menanti surat





        Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan studio Why Interacive ini tidak menawarkan kecepatan berkirim pesan seperti aplikasi social media pada umumnya, tetapi membiarkan pesan yang ditulis penggunanya sampai setelah beberapa lama, tergantung sesuai dengan jarak si penerima. Jadi Jangan bayangkan Surat yang dikirim pengguna ke sahabat penanya, akan langsung terkirim seperti halnya mengirim email. Pengguna Slowly berkomunikasi dengan sahabat pena di dalam dan luar negeri di berbagai belahan dunia, dengan menggunakan surat. Sehingga sama seperti pengalaman saat tulisan dituang pada secarik kertas, dilipat, dimasukkan ke dalam amplop, diberi prangko sesuai dengan nominal ongkos kirim alamat tujuan, kemudian sisanya diserahkan pada Pak Pos pada waktu jaman dahulu. 

 

          
     Bagi yang pertama kali mencoba Slowly akan diminta mengisi sejumlah biodata, seperti nama akun yang diinginkan, jenis kelamin, usia, domisili, preferensi bahasa, hingga pilihan topik yang disukai. Topik-topik ini nantinya akan berfungsi untuk memfilter calon sahabat pena sesuai dengan kesamaan ketertarikan terhadap topik tertentu. Setelah itu, pengguna dapat mencoba fitur Automatch untuk menemukan pengguna lain yang kira-kira akan cocok untuk bersurat-suratan. Jika telah menemukan teman untuk dikirimi surat, pengguna dapat mulai menulis surat perkenalan sebagai salam pertamanya.

            Di pojok kanan atas terdapat ikon bola lampu yang merupakan Slowly Tips yakni berisi tip-tip untuk memulai bercerita lewat surat, misalnya memilih salam perkenalan yang baik atau rekomendasi pertanyaan-pertanyaan yang menarik. Selain pencarian secara otomatis, pengguna dapat mencari calon sahabat pena melalui fitur manual. Pada fitur ini terdapat daftar rekomendasi sahabat pena dari seluruh dunia yang memiliki berbagai tingkat kecocokan minat dengan kita, misalnya menyukai 5 bidang bahasan yang sama.




            Pengguna juga dapat menyaring rekomendasi tersebut berdasarkan macam-macam aspek misalnya negara asal, rentang usia, gender, hingga zodiak. Setelah mendapatkan calon sahabat pena, pengguna pun dapat langsung mengirim suratnya. Surat tersebut akan diterima dalam waktu yang beragam, tergantung jarak si penerima. Untuk surat yang dikirim dari Indonesia ke Jerman misalnya, membutuhkan waktu 3 hari untuk sampai, sedangkan surat dari Yogyakarta ke Jakarta hanya memerlukan waktu 7 jam saja.

            Di halaman beranda aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan notifikasi apakah ada surat yang tengah dalam perjalanan atau tidak. Dalam laman yang sama ada pula jejeran surat-surat yang telah diterima. Selain saling berkirim surat, pengguna juga dapat mengoleksi berbagai prangko.Prangko tersebut akan didapatkan ketika pengguna menerima surat dari sahabat penanya, contohnya saat menerima surat dari Turki maka prangko bertema Turki langsung tersimpan di laman Stamp Collection atau koleksi prangko.

            Cara kerja Slowly yang begitu mirip dengan kegiatan berkirim surat pada masanya ini pasti membangkitkan nostalgia bagi yang pernah mengalami periode memiliki sahabat pena. Bagi kaum muda, rasanya asyik pula punya cara berkomunikasi yang tak seinstan biasanya plus bisa jadi ajang menambah relasi terutama dari luar negeri. Salah satu pengguna Slowly bahkan mengaku Pernah mengirim surat ke sahabat pena di mancanegara dan suratnya bisa diterima tiga hari kemudian. Meski komunikasinya lambat, beberapa pengguna merasakan ada sensasi seru dan berbeda berkomunikasi 'mundur' dengan Slowly. Mereka mengaku bisa merasakan komunikasi menjadi lebih bermakna, beda dengan komunikasi cepat dan instan lewat aplikasi media sosial dan pesan instan.

                                                                 

0 Response to "( cocok buat nostalgia anak 90'an ) Review Slowly Apk : menanti surat dari sahabat pena"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2