-->

Tips Mendapatkan Foto Berkwalitas setara DSLR dari Kamera Ponsel



Tips mendapatkan foto berkwalitas dari ponsel yang bisa setara DSLR




      Trik fotografi dengan hp dan tips foto keren pake hp agar menghasilkan karya foto indah nan unik. Jika bicara untuk membuat karya foto yang indah mungkin bisa dibilang itu susah-susah mudah. Namun tentu semuanya itu memerlukan sebuah teknik yang tepat guna mendapatkan hasil fotografi dengan kamera hp yang sesuai dengan harapan. Sebab itu kamu harus tau dulu trik fotografi dengan hp yang benar.

      Jika pada awalnya fungsi handphone sebatas sebuah alat bantu komunikasi tanpa kabel saja, akan tetapi tidak pada era modern saat ini, dimana penggunaannya ternyata jauh lebih luas. Kemudian seperti yang telah kita ketahui bersama jikalau kini berbagai brand smartphone telah memberikan fitur kamera phone berkualitas tinggi, mulai dari dimensi pixel yang tinggi hingga jenis lensa yang canggih. Hal tersebut kian memanjakan para penggunannya untuk dapat berkreasi sekreatif mungkin. Maka tak heran bilamana fenomena bernarsis ria kini merebak dimana-mana tanpa mengenal batasan usia. Tak terkecuali kita bukan? Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui trik fotografi dengan hp seperti berikut ini.


      Mungkin banyak dari kamu yang memiliki pertanyaan, mana yang lebih baik antara kamera DSLR, EOS atau Kamera Phone ? Ya, tentu dari setiap perangkat tersebut memiliki kelebihan dan kekurang, mungkin salah satu contoh perbedaannya ialah dari segi kecepatan dalam mengambil gambar. Kelebihan yang dimiliki smartphone jelas dari segi ukuran, sehingga sangat simple dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Dan untuk kekurangannya jelas untuk kamera phone lebih memerlukan waktu dalam setiap pengambilan gambar, oleh sebab itu kamu diharuskan menjaga posisi ponsel agar tidak bergerak. Cukup ribet kan ? Tapi tak perlu khawatir, berikut saya akan bocorkan rekomendasi tips fotografi smartphone dan trik fotografi dengan hp.


1.      Pahami Fitur dan Spesifikasi Kamera




     Hal pertama sebelum kamu memulai membeli smartphone, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu segala fitur dan spesifikasi kamera yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Dengan begitu kamu dapat tau berapa besar settingan ISO, ukuran megapixel kamera dan bahkan jenis lensa yang digunakan. Memang tidak semua smartphone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat mengubah settingan ISO secara manual, tapi setidaknya kamu tau bagaimana pengambilan cahaya yang tepat agar foto kamu semakin keren

2.      Pastikan Selalu Kebersihan Lensa Kamera Smartphone

 

     Selalu ingat jika smartphone merupakan benda yang paling kemungkinan selalu kotor, mulai dari debu ataupun dari jenis kotoran lainnya yang ada disekitar. Ya, hal tersebut wajar adanya mengingat smartphone merupakan benda yang selalu kita genggang dan dibawa kemana pun kita melangkah. Selain itu tidak seperti lensa kamera digital yang telah dilengkapi dengan stiker anti gores atau penutup lensa (lens cap), bahkan untuk case pelindung handphone pun pada bagian kamera hanya dibiarkan terbuka saja. Itulah mengapa kamu diharuskan selalu membersihkan lensa kamera sebelum mulai memfoto.

3.      Perhatikan Cahaya

 

     Memang banyak pakar fotografi profesional yang mengatakan bahwasanya cahaya adalah faktor utama dalam berfoto. Ya, pendapat tersebut memang benar adanya dan juga dapat diterapkan pada trik fotografi dengan hp. Pasalnya sensor kamera yang dimiliki oleh setiap handphone tentu lebih kecil dibandingkan kamera DSLR atau EOS. Oleh sebab itu usahakan selalu memfoto dalam cahaya yang cukup terang. Jika memang dilokasi ternyata kurang memiliki cahaya, *sebaiknya jangan menggunakan flash, selain cahaya yang dihasilkan lampu tersebut tidak seberapa terang serta penggunaannya justru akan membuat foto kurang baik. Sebaiknya biarkan mengambil foto tanpa flas dan jika gelap, kamu bisa edit foto tersebut nantinya.

 

4.      Pelajari Mode HDR (High Dynamic Range)
 
     Sebenarnya apa itu mode HDR? yaitu sebuah mode yang digunakan untuk mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang lebih dinamis dan lebih luas. Sebagai contohnya jika kamu mengambil gambar pada saat siang hari pastinya permukaan objek dibagian atasnya lebih terang karena langsung terkena sinar matahari dari atas, sedangkan dibagian bawah objek pastinya akan gelap bukan? ya, perbedaan tingkat cahaya tersebutlah yang akan diatasi oleh mode HDR. Sehingga lensa akan menangkap cahaya lebih luas yang kemudian mengkontraskan pada lingkungan disekitar objek, ya bisa dibilang semua objek yang ada pada gambar akan memiliki tingkat kecerahan cahaya yang sama.

5.      Selalu Sigap Tangkap Moment
 
     Tentu kamu setuju bukan agar sebuah foto bisa menampilkan makna dan bisa dimengerti oleh orang lain bergantung pada moment yang kita potret. Itulah mengapa begitu penting untuk sigap selalu menangkap moment melalui layar kamera. Tapi tak perlu khawatir, kamu dapat langsung gerak cepat untuk menangkap moment tersebut, melalui fitur kamera pada lockscreen disemua smartphone.

6.      Teknik Underwater Photoshoot
 
     Mungkin ini merupakan permasalahan hampir kebanyakan orang saat ini yang menginginkan dapat berfoto di dalam air namun harga camera actioncam cukup mahal. Ya, memang saat ini sudah banyak para penjual kantong pelindung handphone yang aman terhadap air, namun kebanyakan kasus kantong pelindung tersebut mengurangi kualitas dari hasil foto. Belum lagi kamu juga akan cukup sulit jika ingin mengambil gambar dengan teknik split underwater. Apa itu split underwater? adalah sebuah gambar yang menampilkan dua alam dalam satu frame, artinya satu akan menampilkan bagian atas (daratan) dan yang satunya akan menampilkan bgian bawah (bawah air). Tentu bagi kamu pengguna instagram sudah tak asing lagi bukan dengan foto-foto teknik tersebut? Pahami lebih lanjut tentang Teknik Foto Split Underwater. Sebenarnya jika ingin membuat gambar dengan teknik split, kamu tidak perlu membeli kamera action ataupun casing waterproff yang tentu mahal harganya. Cukup sederhana dimana kamu hanya cukup gunakan gelas bening saja. Caranya, celupkan gelas terlebih dahulu ke dalam air (jangan sampai bibir gelas menyentuh air). Masukkan handphone dengan posisi terbalik, lalu foto. Cukup simple bukan? akan tetapi cara ini cukup beresiko, pastikan kamu melakukannya dengan penuh kehati-hatian.


    Demikianlah ulasan Penulis kali ini perihal trik fotografi dengan hp dan tips foto keren pake hp. Semoga segala informasinya dapat menginspirasi bagi para pembaca semua.

 


0 Response to "Tips Mendapatkan Foto Berkwalitas setara DSLR dari Kamera Ponsel "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2