-->

Mengintip Proses Produksi Smartphone 4G kita di Pabrik

     Siapa sih yang nggak kenal Smarphone ?, yang pasti semua orang sudah kenal dan nggak asing lagi dengan Smartphone. bahkan jaman sekarang smartphone sudah menjadi seperti sahabat kita yang menemani selama 24 jam setiap hari menemani kita dimanapun,dan kapanpun. saat kita sedang ngomongin tentang smartphone pasti sebagian pembaca ada yang sempat kepikiran, bagaimana sih proses pembuatan Smartphone di Pabrik. Nah, di artikel ini penulis akan memberikan informasi bagaimana proses produksi smartphone kita hingga bisa sampai ke tangan kita sekarang. yuk simak dan baca baik.baik ya 

Tahap Awal
 
    Proses pembuatan ponsel menggunakan metode SMT (Surface Mount Technology) diawali dengan pemasangan komponen-komponen mini di atas PCB (printed circuit board) dengan cepat. Teknik ini mengandalkan kekuatan mesin, sehingga bisa menghasilkan tingkat presisi yang baik. Didalam peralatan tersebut terdapat banyak komponen-komponen elektronika seperti resistor, transistor, capasitor dan lain sebagainya. Coba saja Pembaca bayangkan bagaimana menyusun komponen elektronika yang mungkin jumlahnya ratusan itu bila tidak ada papan rangkaian elektronika yang disebut PCB ( Printing Circuit Board ). PCB terbuat dari lempeng fiber yang dilapisi oleh tembaga. Ketika kita pertama kali membeli sebuah papan PCB kosong, papan itu belum terlihat jalur jalur hanya ada lapisan fiber dan lapisan tembaga dipermukaannya.


     Ada beberapa type PCB kosong yang ada dipasaran yaitu SINGLE SIDE, DOUBLE SIDE dan MULTI LAYER. Single Side artinya papan PCB tersebut hanya mempunyai satu sisi yang dilapisi oleh lempeng tembaga. Double Side artinya papan PCB tersebut mempunyai dua sisi yang dilapisi oleh lempeng tembaga dan lapisan fibernya ada diantara dua lapisan tembaga tersebut. Sedangkan untuk type Multi Layer biasanya hanya dibuat oleh pabrik pembuat peralatan tersebut. Type multi layer ini terdiri dari beberapa lapis tembaga dan fiber yang disusun secara berselingan. 

        Operator juga dapat mengecek apakah tiap komponen telah menempel dengan baik di atas PCB. Hal ini untuk memastikan agar setiap komponen bisa bekerja dengan baik.

Perakitan Hardware

   Setelah PCB telah memiliki komponen-komponen yang diperlukan sehingga menjadi perangkat main board utuh. Main board ini kemudian dipasangkan dengan hardware lainnya seperti kamera, speaker, layar, baterai dan lain-lain. Proses perakitan ini dilakukan melalui tangan operator.



Pemeriksaan
 
    Handset yang sudah hampir sempurna ini lalu menjalani proses pemeriksaan mulai dari kemampuan kamera, sensor, fitur rekam audio dan sebagainya. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah ada kecacatan pada perangkat dan memastikan ponsel bisa beroperasi dengan sempurna.
 Tahap Akhir
 
     Tahap akhir bila ponsel telah melewati berbagai macam tahapan perakitan hingga pengecekan ialah packaging. Packaging yang dimaksud ialah membungkus ponsel dengan kardus dan menyegelnya dengan plastik. Hal ini dilakukan dengan bantuan alat.
   Nah, sekarang kita sudah sedikit tahu kan proses perjalanan smartphone sebelum sampai ke tangan kita. ternyata prosesnya lumayan panjang juga ya.


0 Response to "Mengintip Proses Produksi Smartphone 4G kita di Pabrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2